Poker Online

Misteri Bukit Siguntang


Misteri Bukit Siguntang

Cerita Tengah Malam - Bukit Siguntang ialah satu tempat bersejarah di Kota Palembang. Bukit rimbun serta asri yang disebut titik paling tinggi di Kota Palembang ini simpan banyak narasi serta misteri. Selama mata melihat, waktu masuk tempat ini cuma kelihatan pohon teduh serta bangku dan gazebo yang dibuat di sekitar bukit. Kesan-kesan angker akan berasa waktu berjalan ke arah pucuk bukit
Baca Juga : Misteri Sungai Kapuas, Palembang
sebab anda akan lihat makam pertama (makam Panglima Tuan DjungDjungan) dari tujuh makam yang berada di bukit ini, makam pertama waktu ke arah pucak bukit ini seakan berpesan selamat hadir buat kebanyakan orang yang bertandang kesana. Tetapi herannya meskipun kesan-kesan angker demikian berasa banyak kelihatan muda-mudi kota Palembang yang menyukai memadu kasih dalam tempat seram semacam ini.

Mengenai 7 buah makam di Bukit Siguntang yang menurut keyakinan ditempat adalah makam dari beberapa orang penting Palembang jaman dulu, yakni:

1. Radja Segentar Alam, nama aslinya ialah Iskandar Zulkarnain Alamsyah yang datang dari Kerajaan Mataram. Menurut berita dari narasumber, Nyai Bukit Siguntang (Juru Kunci Bukit Siguntang) Radja Segentar Alam pertama-tama ke Palembang membawak 3 kapal yang berbendera Lancar Kuning tetapi waktu diperjalanan kapal-kapal itu karam. Dari semua kapal yang karam itu ada satu kapal yang membawak Radja Segentar Alam terdampar di Bukit Siguntang sedang kapal lainnya hancur di lautan serta ada juga yang hancur selanjutnya terbawa di situs Karang Anyar. Ada narasi unik dari cerita Radja Segentar Alam yang dulu waktu waktu jayanya bisa menaklukan hampir semua Sumatera sampai ke negeri tetangga Johor serta Malaka di Malaysia yakni mengenai lagu Monitor Di Malam Hari yang seringkali didendangkan di atas kapal saat Beliau berserta pasukannya sedang berlayar yang sampai sekarang masih seringkali dinyayikan di wilayah Medan, Johor serta Malaka.
Slot Game Indonesia
2. Putri Kembang Dadar, nama aslinya ialah Putri Bunga Melur. Yakin ataukah tidak sebab kecantikannya Putri Kembang Dadar dikisahkan bukan datang dari bumi tetapi datang dari Kayangan (langit).

3. Putri Rambut Selako, rambut Selako berarti rambut yang keemas-emasan kemungkinan sebab ada keturunan barat. Nama aslinya sendiri ialah Putri Damar Kencana Wungsu yang menurut narasi datang dari Keraton Yogyakarta anak dari Prabu Prawijaya.

4. Panglima Batu Api. Beliau ialah seorang ulama yang datang dari Jeddah (Arab Saudi) yang hadir ke tanah melayu untuk berkelana serta menyiarkan agama Islam.

5. Panglima Bagus Kuning, datang dari Mataram yang hadir ke Lembang (Palembang) untuk menjaga Radja Segentar Alam.

6. Panglima Bagus Karang, datang dari Mataram yang hadir ke Lembang (Palembang) bersama dengan Panglima Bagus Kuning untuk menjaga Radja Segentar Alam.

7. Tuan DjungDjungan, beliau adalah ulama dari Arab yang hadir ke tanah melayu (Swarnadwipa) untuk berkelana sekalian menyiarkan agama Islam.

Dari makam-makam itu menunjukkan jika Bukit Siguntang adalah tempat yang benar-benar sakral hingga beberapa bangsawan Palembang jaman dulu banyak yang disemayamkan di bukit itu.

Sampai saat ini Bukit Siguntang masih jadi tempat yang sakral buat orang Palembang. Warga ditempat juga memiliki keyakinan jika jika Palembang terserang musibah besar seperti banjir bandang karena itu Bukit Siguntang ialah tempat yang tidak pernah terbenam serta ada juga yang yakin jika dibawah timbunan tanah Bukit Siguntang berikut ada jejak-jejak peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang legendaris itu yang simpan harta yang tidak ternilai harga. Yakin ataukah tidak? Semuanya butuh pembuktian!

Panduan Ke arah Bukit Siguntang
Ke arah Bukit Siguntang tidak sulit sebab tempat ini ada ditengah-tengah kota Palembang yang membuat akses ke arah sana jadi benar-benar gampang. Mengenai panduan dari saya jika anda ada di Palembang serta punya niat bertandang ke Bukit Siguntang ialah seperti berikut:

1. Naik angkot (angkutan kota), bis kota atau Transmusi (seperti Busway di Jakarta) yang ke arah Bukit Besar selanjutnya turun di bundaran taman simpang SMA Negeri 10 lalu berjalan kaki seputar ± 100 mtr. ke arah Bukit Siguntang. Mengenai biayanya ialah:

· Ongkos angkot di kota Palembang jauh dekat Rp 4.000,-

· Ongkos bis kota di kota Palembang jauh dekat Rp 3.000,-

· Ongkos Transmusi di kota Palembang semua rute Rp 5.000.-

2. Sesampai di Bukit Siguntang bayar karcis masuk seharga Rp 2.000,- per orang.
Deposit Pulsa Tanpa Potongan
3. Di Bukit Siguntang cukup terdapat banyak penjual jajanan seperti pempek serta minuman jadi anda dapat juga sekaligus juga berekreasi kuliner di sini