Poker Online

Misteri Batu Bertulis di Pontianak


Misteri Batu Bertulis di Pontianak

Cerita Tengah Malam, Pontianak – Situs Batu Bertulis adalah cagar budaya nasional yang ada di Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat. Panjangnya seputar 5,10 mtr., dengan tinggi seputar 2 mtr. di samping kiri, serta 3 mtr. di bagian kanan.
Baca Juga : Misteri Gunung Gede
Situs Batu Bertulis terdapat persisnya di Dusun Pait, Desa Sebabas, Kecamatan Nanga Mahap, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat. Dari Ibu Kota Kabupaten Sekadau, jaraknya seputar 68 km. serta cuma dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua.

Kepala Disporapar Kabupaten Sekadau, Paulus Misi, mengutarakan Batu Bertulis punya prasasti yang beraksara Pallawa serta berbahasa Sanskerta. Prasasti itu pernah dibaca oleh Nicholaas Johannes Krom, seorang sejarawan Belanda, pada tahun 1926.

Berdasar analisa Krom, tulisan pada batu itu berisi mantra-mantra dalam bahasa Sanskerta, serta datang dari era 7 Masehi. Pada 1985, beberapa pakar juga lakukan penelitan Batu Bertulis serta menyetujui umur situs itu.

Walau telah bisa dibaca tulisan yang ada di pada Batu Bertulis. Tetapi, sampai sekarang arti serta makna tulisan itu belum dapat ditranslate. “Pernah ada riset oleh arkeolog. Batu bertulis itu telah jadi situs nasional,” kata Misi, pada Hi!Pontianak, Rabu (31/7).
Slot Game Indonesia
Di lain sisi, ada ketidaksamaan opini antara beberapa periset batu itu. Ada yang menyebutkan tulisan pada batu itu berupa stupa diperlengkapi dengan hiasan tongkat, pedang, serta payungnya yang sejumlah 7 stupa. “Situs Batu Bertulis adalah salah satunya peninggalan kerajaan Hindu di Sekadau,” sebut Misi.

Sekarang, cagar budaya yang terpelihara Balai Pelestarian Cagar Budaya Kalimantan Timur itu dijaga oleh Albinus Akin. Kekhasan Prasasti Batu Bertulis beraksara Pallawa serta berbahasa Sanskerta. “Keunikan batu itu, pertama, tunggal. Itu kan di perkampungan. Ke-2, ada tulisan (aksara) Pallawa serta (berbahasa) Sanskerta,” kata Misi.