Poker Online

Misteri Lubang Jepang Bukittinggi


Misteri Lubang Jepang Bukittinggi

Cerita Tengah Malam - Berekreasi ke Bukittinggi tidak komplet jika Anda belum bertandang ke satu diantara goa terpopuler di Sumatera, yaitu Goa Jepang atau Lubang Jepang. Goa Jepang ialah saksi bisu riwayat penjajahan atau pendudukan Jepang yang masih sisa ampai saat ini di Indonesia. Goa ini dipakai tentara Jepang jadi tempat pertahanan tentara Jepang di Bukittinggi seputar tahun 1942-1945.
Baca Juga : Misteri RRI Makassar
Geografis 
Dengan geografis kehadiran Goa Jepang atau Lubang Jepang ini terdapat di Bukit Sihanok Bukittinggi yang ada dalam lokasi tempat wisata Taman Pemandangan Bukittinggi, Sumatera Barat. Taman Pemandangan serta Goa Jepang ada di Jl. Pemandangan Bukittinggi, Sumatera Barat, cuma beberapa mtr. dari Pical Sikai.

Objek Wisata 
Akses masuk Goa Jepang ialah melalu pintu masuk tamann Pemandangan. Meskipun awalnya ada dua pintu masuk yang lain, yakni arah jalan Ngarai Sianok serta samping istana Bung Hatta. Tetapi sekarang ke-2 jalan masuk itu sudah ditutup. Goa bikinan
ini memiliki ukuran seputar 1,5 km., tetapi untuk keamanan sekarang cuma selama 750 m saja yang diperbolehkan untuk dimasuki pelancong. Tenang saja, dengan ukuran itu, Anda akan senang melihat-lihat seisi goa dengan nuansa penjajahan waktu dulu yang seakan bisa kita rasa-rasanya dengan riil. Dengan rongga berupa 1/2 lingkaran dengan tinggi sekitar dua mtr. itu, terkecuali beberapa rongga, membuat beberapa pengunjung sangat terpaksa membungkuk untuk melewatinya.
IDN POKER
Walau arti Goa memberi kesan-kesan horor, tetapi Anda tetap merasakan aman waktu mengambil langkah masuk goa ini. Sebab sekarang diameter lorong yang memiliki ukuran 3 sampai 4 m ini diterangi sinar neon di setiap bagian. Namun, walau telah di semen serta diberi puving block pada beberapa lantainya, sisi dinding masih dipertahankan seperti awalannya yakni memiliki tekstur sekat yang dulu ditujukan jadi peredam gema suara di goa. Kesan-kesan penjajahan makin kuat bila Anda memerhatikan sisa goresan senjata yang menghiasi dindingnya.

Sebelum sukses memijakkan kaki Anda di goa, lebih dulu Anda akan dibawa menuruni 132 anak tangga. Butuh siaga tambahan di sini karena tangga itu cukup terjal.

Prediksi kedalaman goa ini dari permukaan tanah ialah 40 m dengan panjang serta
lebar lorong seputar 1470 m serta 2 m. Seperti seperti satu tempat perlindungan, Anda akan temukan ruangan-ruangan seperti ruangan penyimpanan amunisi, ruangan sidang di tempat lebih dalam goa, ruangan tahanan, ruangan dapur dengan lubang pengintaian di bagian atas dan satu lubang kecil pas di bawahnya. Konon, riwayat ungkap tempat ini dahulunya simpan mayat beberapa tahanan yang mati sebab siksaan di penjara.

Sisi ujung liang goa ke arah di Sungai Sianok. 
Situasi di sini cukup membuat Anda bergidik. Setelah itu, Anda akan berjumpa dengan ruangan penyergapan di lorong penting. Selama lorong, Anda bisa lihat empat lorong lain jadi jalan keluar nanti sesudah Anda senang menelusuri Goa Jepang. Setibanya di ujung, Anda hadapi lorong barak militer. Paling akhir, Anda tidak bisa lepas melewati lorong ruangan amunisi serta lorong dengan tempat naik jadi jalan keluar Anda.

Legenda Masyarakat 
Riwayat terbentuknya Goa Jepang ini pasti bukan suatu hal yang asing buat kita sebab tentu saja dahulu pada saat sekolah kita pernah pelajari mengenai sejarahnya. Kehadiran Goa Jepang ini jadi satu diantara bukti serta saksi perjuangan beberapa pahlawan kita dalam mendapatkan kemerdekaan serta menjaga Indonesia. Kehadiran Goa Jepang di Bukittinggi bukan satu kebetulan. Terletak yang strategis ditengah-tengah Pulau Sumatra, membuat Kota ini sempat jadi Pusat Komando Pertahanan Tentara Jepang di Sumatera (Seiko Sikikan Kakka). Pasukan Jepang waktu itu dibawah pimpinan Jenderal Watanabe.
POKER ONLINE
Tidak hanya untuk tim pertahanan, Goa Jepang di Kota Bukittinggi ini berperan untuk ruangan dapur, ruangan makan, tempat penyimpan amunisi, barak, rumah sakit, ruangan sidang, dengan keseluruhan 27 ruang kompleks komplet. Serta, denah juga tercantum pada dinding pintu masuk. Tahanan masyarakat Indonesia diminta dengan kejam kerjakan penggalian Goa ini. Serta, cukup banyak yang gugur karena siksaan kerja paksa dalam pengerjaan Goa Jepang ini.

Tempat 
Terdapat di Bukit Sianok, Kota Bukit Tinggi, Sumatera Barat, Indonesia.

Akses 
Dari Padang perjalanan bisa ditempuh sepanjang 2 jam ke Bukittinggi memakai angkutan biasa atau angkutan pribadi. Sesampai di Bukittinggi, buat yang memakai kendaraan biasa diteruskan dengan angkutan kota arah Lobang Jepang. Buat yang memakai kendaraan pribadi langsung bisa meneruskan perjalanan ke Lubang Jepang.

Ticket Masuk 
Harga ticket masuk ke Lubang Jepang buat beberapa anak sebesar Rp. 5000,- serta buat orang dewasa sebesar Rp. 8000,-.

Fasilitas 
Lubang Jepang terdapat ditengah-tengah Kota Bukittinggi, pelancong yang ingin menginap bisa bermalam di penginapan atau hotel – hotel di lokasi kota. Dikawasan itu, pelancong akan dimanja oleh bermacam souvenir serta kuliner ciri khas Padang. Diantaranya Nasi Kapau jadi pilihan menarik kuliner yang dapat diperoleh di Pasar Lereng ( samping Pasar Atas ) Bukittinggi.