Poker Online

Misteri Istana Maimun Medan


Misteri Istana Maimun Medan

Cerita Tengah Malam - Sumatera Utara, terutamanya kota Medan punya segudang tujuan wisata dengan beberapa keunikannya. Satu diantara tempat menarik serta paling sering didatangi pelancong di kota ini ialah Istana Maimun.
Baca Juga : Misteri Benteng Rotterdam
Istana ini terdapat di jalan Brigadir Jenderal katamso, Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Medan Maimun, Sumatera Utara atau yang juga dikenal dengan Istana Sultan Deli.

Jadi tempat bersejarah, istana ini nyatanya simpan macam mitos yang tersebar ditengah-tengah warga. Terkadang, sering juga dihubungkan dengan beberapa hal gaib. Apapun misteri dari Istana Maimun? Berikut 11 misteri Istana Maimun seperti dikumpulkan Sipayo.com dari beberapa sumber:

1. Misteri Project Istana Maimun 

Istana yang di desain oleh arsitek asal Italia ini adalah milik Sultan Deli, Kerajaan Deli. Pembangunannya usai pada tahun 1888 serta baru diresmikan tiga tahun sesudahnya. Dengan karakter, Istana Maimun punya luas bangunan kira-kira 2.772 m dengan luas halaman sampai 4 hektar serta punya 30 ruangan.

2. Misteri Arsitektur Istana Maimun 

Istana yang menyengaja dibuat dekat sama saluran sungai Deli ini punya kombinasi arsitektur Moghul, Timur Tengah, Spanyol, India, Belanda, serta Melayu. Dampak Islam terlihat pada lengkungan atap. Konon, waktu itu sungai Deli adalah akses perdagangan yang terkait langsung dengan selat Malaka.
Deposit Pulsa Tanpa Potongan
3. Misteri Rewatib Tradisi Istana Maimun 

Sampai sekarang, Istana Maimun ditempati oleh pakar waris kesultanan Deli. Pada saat khusus, istana ini seringkali diselenggarakan atraksi musik tradisionil Melayu dalam rencana pesta perkawinan atau pekerjaan sukcita yang lain. Diluar itu, tiap malam Jumat, beberapa keluarga sultan membuat acara rewatib tradisi. Yakni acara keluarga seperti wiridan.

4. Misteri Legenda Putri Hijau Istana Maimun 

Konon Putri Hijau, yang memerintah Kerajaan Timur Raya, punya wajah yang benar-benar cantik serta dari tubuhnya terpancar sinar berwarna hijau. Dia punya dua saudara lelaki. Satu saat, putri dipinang oleh satu orang Sultan Aceh. Hal misterius berlangsung akibatnya karena ke-2 saudara laki-lakinya menampik pinangan itu.

5. Misteri Mambang Khayali Istana Maimun 

Akibatnya karena penampikan pinangan yang dikerjakan ke-2 saudaranya, Sultan Aceh-pun jadi geram hingga menyerang kerajaan. Sial, Mambang Yasid –yang adalah kakak dari Putri Hijau- kalah waktu menjaga istana. Konon, Mambang Khayali mendadak menjadi meriam serta tembak pasukan Sultan Aceh dengan brutal.

6. Misteri Mambang Yasid Istana Maimun 

Lihat keadaan istana yang tidak sangat mungkin, kakak Putri Hijau (Mambang Yasid) mendadak menjadi ular serta bawa Sang Putri di atas punggungnya mengarah sungai Deli sampai tembus Selat Malaka. Konon, sekarang mereka menempati negeri bawah laut seputar selat.

7. Misteri Meriam Puntung Istana Maimun 

Meriam Puntung atau yang dalam bahasa Karo seringkali disebutkan dengan Meriam Buntung, adalah jelmaan dari adik Putri Hijau. Karena tembakannya yang terus-terusan, meriam ini terpecah dua sampai pada akhirnya sisi depan diketemukan di wilayah Surbakti, dataran tinggi Karo, dekat Kabanjahe. Sesaat sisi belakang terlempar ke Labuhan Deli, selanjutnya dipindahkan ke Istana Maimun.

8. Misteri Pecahan Meriam Puntung 

Konon, meriam yang terpental ke wilayah Surbakti diketemukan dalam pecahan-pecahan. Pecahan meriam itu sekarang di taruh dalam ruang 6×6 mtr. tertutupi dengan kain putih yang disebutkan dengan ‘Uis Dagangen’. Kain putih ini diberi oleh peziarah yang ‘berdoa’.

9. Misteri Ritual Menyebut Arwah Meriam Puntung 
Deposit Via OVO
Konon, penyimpanan pecahan meriam dalam ruang ini karena disebabkan dulu pernah berlangsung pencurian pada pecahan. Pencurinya salah satu dukun sakti di desa itu. Menurut pengakuannya, pecahan meriam itu bisa dipakai dalam ritual menyebut arwah leluhur.

10. Misteri Gulungan Rambut Putri Istana Maimun 

Konon, warga Desa Seberaya punya satu bukti kehadiran Putri Hijau. Dari sana tersimpan satu gulungan rambut. Mereka yakin jika gulungan rambut itu punya dari Sang Putri. Gulungan yang cuma satu genggam saat diuraikan bisa menjadi panjang.

11. Kesaktian Meriam Puntung 

Bermula dari narasi jika Meriam Puntung adalah jelmaan dari adik Putri Hijau, nyatanya di saat ini meriam itu masih punya sisa-sisa kesaktian. Diantaranya ialah insiden berpindahnya meriam dari tempat sebelumnya. Sampai selanjutnya, diketemukan di Sungai Deli yang disebut kali pertamanya beberapa pecahan meriam itu terlontar.