Poker Online

Misteri Gedung Marabunta Semarang


Misteri Gedung Marabunta Semarang

Cerita Tengah Malam - Gedung Marabunta di Lokasi Kota Lama Semarang yang terlihat antik serta unik dengan hiasan dua patung semut raksasa di dindingnya, dahulu namanya Gedung Schouwburg. Dalam bahasa Belanda ,Schouwburg memilikiarti gedung atraksi atau teater. 
Baca Juga : Seramnya Gedung Perkantoran Kawasan Sudirman
Gedung ini sebetulnya tidak didapati persis kapan dibuatnya.Tapi beberapa arkeolog Balar memprediksi gedung Shouwbrug dibuat sesudah perombakan benteng Kota Lama pada tahun 1824, searah dengan peningkatan lokasi permukiman di Kota Semarang serta jalan pos Daendels. Gedung ini dibuat dengan arah untuk menyediakantempat hiburan bagipara penghuni lokasi Kota Lama yang waktuitudidominasi masyarakat Eropa. 

Gedung yang memiliki beberapa ratus pemirsa ini, diperlengkapi juga denganistal di seberangnya, yang ditujukan untuk tempat “parkir” kuda yang waktu itu jadi moda transportasi yang biasa dipakai oleh masyarakat Eropa. Demikian jumlahnya kuda yang seringkali ditambatkan disana menyebabkan timbulnya berbau kotoran yang menusuk, hingga ada yang menyebutkan nama gang di seberang pintu masuk penting gedung itu jadi gang tai. 

Pada masa kolonialisme Belanda, di gedung inisering dipentaskan humor Stamboel. Stamboel sendiri ialah arti resapan darikata Istambul, yang mengacu pada nama kota di Turki tempat humor ini berkembang luas di daratan Eropa. Stamboel merupakanteater sandiwara keliling seperti sirkus di Eropa yang diadopsi di Hindia Belanda. Karena sangat biasanya Humor Stamboel dipentaskan disana, jadi nama jalan di muka gedung pada akhirnya dikenal juga dengan nama Komedistraat. 

Tidak hanya humor, disana sering ditunjukkan juga musik serta lagu-lagu dari beberapa musisi serta vokalis populer, bermacam tarian, dari mulai tari tradisionil sampai tari erotis. Ada satu diantara artis legendaris kelahiran Belanda yang pernah tampilkan tari erotis disana, yakni Matahari. Matahari yang awalannya diketahui sebagaiseorang penari erotis profesional, dalam perjalananan hidupnya selanjutnya terjebak dalam beberapa skandal prostitusi kelasatas yang layani beberapa elit politikEropa. Iabahkan disangka jadi agen spionase gandauntukJerman sekaligus juga Perancis selama saat Perang Dunia pertama. Cerita hidupnya semakin melegenda sebab selesai ironis, dijatuhi hukuman mati. 
IDN LIVE
Pada saat perang dunia ke-2 atau lebih persisnya pada saat penjajahan Jepang waktu lalu disambung dengan perang untuk merampas kemerdekaan, gedung Schouwburg bernasib merana. Kotor serta rusak di sana-sini sebab tidak dipakai serta kurang perawatan. 

Pada saat saat kemerdekaan, Kodam VII Diponegoro memperoleh hak untuk memakai gedung ini. Pengendalian gedung in ikemudian diberikan ke perusahaan Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL) yang namanya Marabunta serta adalah Tubuh Usaha Purnawirawan Angkatan Darat Kodam VII/Diponegoro. Marabunta sendiri ialah nama spesies semut raksasa yang ganas. Gedung ini juga selanjutnya dinamakan sama serta namanya direpresentasikans ecara visual dengan patung semut raksasa itu di dindingnya. Tersisa bangunangedung yang ada di samping selatanberhasildiselamatkan. Pengamanan serta perawatan bangunan ini terus bersambung dibawah Yayasan Diponegoro, sampai akhir dekade 1960-an. 

Bagian bangunan yang terselamatkan ini,dulunyamerupakan bar atau cafe untuk tempat pengunjung santai selesai melihat pertunjukan di gedung penting. Pada bentuk aslinya, panggung pertunjukan menghadap arah utara dengan bentuk bangunan oval utuh. Bagian selatan yang diselamatkanini, sekarangterus ditingkatkan untuk mendukung wisata di Lokasi Kota LamaSemarang. Sekarang, gedungtersebutberfungsisebagai gedung atraksi bergaya Indis yang dapat dipakai untu ktempat pertunjukan seni budaya dan disewakan untuk resepsi pernikahan.