Poker Online

Rumah Hantu Kupang, Surabaya

Cerita Tengah Malam - Rumah Hantu Kupang, Surabaya.

Rumah Hantu Kupang, Surabaya

Jika anda melewati jalan diponegoro mau ke pasar kembang, terdapat rumah besar  pada kiri jalan itulah tempat tinggal  hantu kupang tepatnya di Kampung Banyu Urip Wetan ia No. 107, Surabaya. Dahulu daerah tersebut dibuat tempat penyiksaan tentara jepang. galat satunya yg terkenal cak Durasim jua meregang nyawa disitu.
Baca Juga : Cerita Tengah Malam Rumah Gadang Bekasi
Gedung tua ini terlihat menonjol dan  tidak sinkron berasal bangunan di sekitarnya. berasal luar, terasa perbedaan makna seram serta seram saat melihat bangunan itu. masyarakat kota Surabaya seringkali menyebutnya dengan nama ‘tempat tinggal  setan’ atau ‘gedung setan’. sejak jaman kolonial Belanda, gedung itu memang telah terkenal dengan sebutan “spookhuis”.

asal muasal nama gedung setan mempunyai beberapa versi. Versi yg tertulis pada buku Oud Soerabaia (1931) karya von Faber yang dikutip Duncan Graham pada artikelnya yang berjudul “Surabaya’s Ghost House” di Majalah Latitude (2010) mengungkapkan bahwa setan pada gedung ini ialah keliru satu penghuni tempat tinggal  yang membunuh anak hasil hubungan gelapnya. Selain itu terdapat pendapat lain bahwa hantunya merupakan seorang budak kapal yg memiliki cap (cap kepemilikan budak) serta berpesan tidak mau dimandikan jenazahnya saat mangkat . Versi terjemahan bahasa Belanda kuno von Faber ini memiliki sedikit variasi di sana sini.
Bola Online
Selain itu, ada kisah yang mengungkapkan fungsi tempat tinggal  setan dulunya menjadi daerah penyimpanan jenazah orang Tionghoa sebelum dimakamkan. Disitu jenazah disimpan, dimandikan serta diprosesikan menuju ke pemakaman yang berada persis pada seberangnya (Pasar Kupang serta sekitarnya). Kisah ini dibuktikan dengan ukuran pintu gedung yg sangat tinggi agar prosesi pemakaman yg umumnya diikuti bendera bisa lewat. Roh-roh jenazah orang Tionghoa inilah yang dianggap menjadi setan serta menghuni gedung. tapi ini tidak dibuktikan menggunakan catatan tertulis bahkan fungsi rumah jenazah itupun dipertanyakan kebenarannya.

Terlepas berasal mitos cerita setan yang beredar, Gedung Setan ini awalnya dibangun untuk ditinggali oleh pemilik pertamanya yaitu J.A. Middelkoop. Middelkoop membeli area Kupang berasal Daendels seharga 4.000 rijksdalders dan  tahun 1809 mulai dibangun menjadi tempat tinggal . sehabis dia wafat, tempat tinggal  berpindah tangan ke orang Tionghoa. pada masa von Faber pemilik rumah itu artinya Dr. Teng Sioe Hie. ada pendapat gedung setan diambil asal nama Tionghoa pemiliknya yg bermarga Tan (She Tan). Julukan rumah setan ini diduga telah menempel dibenak penduduk Surabaya sejak awal abad ke-20.

namun jangan salah , meskipun terlihat angker gedung setan ini tetap berpenghuni. ketika ini terdapat lebih kurang 50 keluarga atau lebih kurang 200 jiwa yang menghuni bangunan ini. Mereka adalah sanak-kerabat turun temurun dari pemilik gedung spookhuis. Adapun hak milik atas gedung setan ketika ini ialah pengusaha bernama Teng Kun Gwan atau dikenal dengan nama Gunawan Sasmito. yg tidak lain ialah keturunan ketujuh asal pemilik gedung.
Bola Online
Gedung yg mempunyai luas lebih kurang 400 m² ini terdiri asal dua lantai. di bagian belakangnya ada bekas altar sembahyang bagi leluhur. waktu ini altar tersebut sebagai kawasan parkir motor dan  sepeda milik para penghuni gedung. pada bagian tengah terdapat sebuah ruangan yang relatif lapang menggunakan ventilasi-ventilasi yang lebar. terdapat jua ruangan yang berfungsi menjadi Gereja Pantekosta, tempat beribadah bagi penghuni gedung serta warga  kurang lebih yg beragama Kristen. Tampak jua gambar Yesus Kristus dan  gambar-gambar lainnya menghiasi ruangan ini.

di lebih kurang gedung setan (spookhuis) terdapat sebuah pasar tradisional yang dikenal menggunakan nama Pasar Gedung Setan. yg menarik dan  tampak tidak sama dengan pasar-pasar tradisional lainnya, pedagang pada pasar ini didominasi sang orang-orang beretnis Tionghoa yg tidak lain merupakan penghuni gedung setan.

Bila Anda berminat mengunjungi gedung bersejarah dan  penuh cerita rahasia ini, aksesnya sangat praktis. dengan tunggangan eksklusif asal kota Surabaya, Anda tinggal mengarahkan tunggangan menuju tempat Kupang. Letak gedung ini tepat di pinggir jalan raya. berasal jalan, bangunan gedung tua yg akbar dan  tampak mencolok ini akan pribadi terlihat kentara.